01/02/2017

Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik 2017 SD SMP SMA SMK SLB

Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik 2017 SD SMP SMA SMK SLB - Sehubungan dengan pendataan data pokok pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah di tahun 2017, pada 30 Januari 2017, Tim Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdasmen) Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2017.

Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik 2017 SD SMP SMA SMK SLB

Sebagaimana disebutkan dalam laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, rilis Aplikasi Dapodikdasmen ini telah melewati beberapa pengujian. Selain itu pada Aplikasi Dapodik 2017 terdapat beberapa pembenahan yang cukup siginifikan dengan penambahan beberapa fitur baru, metode validasi, serta perbaikan beberapa bug versi sebelumnya.

Pembenahan-pembenahan tersebut sebagai upaya dalam melakukan sinkronisasi aturan/regulasi, prosedur, dan mekanisme pemanfaatan data dari Dapodik untuk transaksional di Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, transaksi BOS, PIP dan lainnya.

Pembaruan pada Aplikasi Dapodik 2017 selain dilakukan di sisi front-end, juga dilakukan pembaruan pada database, yang telah menggunakan database versi 2.61. Maka secara teknis Aplikasi Dapodik versi sebelumnya (Dapodik 2016a, 2016b, 2016c) tidak dapat langsung di-upgrade ke Dapodik 2017, akan tetapi harus melakukan install ulang. Oleh karenanya Aplikasi Dapodik 2017 dirilis hanya dalam bentuk INSTALLER Dapodik 2017 (tidak ada versi UPDATER).

Untuk memfasilitasi para petugas pendataan di tingkat satuan pendidikan dalam instalasi aplikasi terbaru ini, Tim Dapodikdasmen telah menyediakan unduhan dalam bentuk Installer Dapodikdasmen versi 2017 pada laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

Pada laman tersebut juga dapat dilihat beberapa item pembaruan dan perbaikan pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2017, atau pembaruan dapat dilihat juga dalam buku Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2017 yang telah diterbitkan oleh Tim Dapodikdasmen.

Pada buku Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2017 ini memuat informasi terkait deskripsi pembaruan dan perubahan yang telah ditanamkan, dan menjadi pedoman bagi petugas pendataan sekolah dalam melaksanakan peran dan tugasnya dalam input data dan operasional Aplikasi Dapodik Versi 2017.

Selengkapnya unduh buku Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2017 di tautan ini atau kunjungi di tautan berikut ini dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.