29/05/2016

Penetapan Awal Puasa Ramadhan 1437 H, Kemenag Gelar Sidang Isbat 5 Juni 2016

Penetapan Awal Puasa Ramadhan 1437 H, Kemenag Gelar Sidang Isbat 5 Juni 2016 - Bulan Suci Ramadhan 1437 H akan segera tiba. Datangnya bulan suci Ramadhan bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan menandai waktunya menjalankan ibadah puasa bagi umat Islam di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Penetapan Awal Puasa Ramadhan 1437 H, Kemenag Gelar Sidang Isbat 5 Juni 2016

Kapan Awal Puasa Ramadhan 1437 H dimulai?, Di Indonesia, seperti lazimnya penentuan Awal Ramadhan memasuki bulan puasa tentu harus dilakukan melalui perhitungan atau hisab. Kementerian Agama RI bersama organisasi keagamaan dan para ulama serta ahli falak akan menggelar sidang Isbat untuk menetapkan awal Ramadhan 1437 H.

Berdasarkan rilis situs Kemenag, Jumat (27/05/2016), Kementerian Agama akan menyelenggarakan sidang itsbat (penetapan) awal bulan Ramadlan 1437 H pada Minggu (05/06) mendatang.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan kalau seperti tahun lalu, proses sidang itsbat akan dilakukan secara tertutup. "Kami akan mengundang para kyai, ulama, tokoh-tokoh agama, pimpinan ormas-ormas Islam, akademisi, dan pakar di bidang ilmu falaq untuk hadir dalam sidang isbat yang akan dilakukan pada 5 juni 2016 sore hari", kata Menag di Jakarta, Jumat (27/05).

Sidang dilakukan tertutup, menurut Menag, karena hal terpenting yang dibutuhkan masyarakat adalah hasilnya, bukan perdebatannya. Jadi, biarkan suasana perdebatan menjadi panggung tersendiri. "Perdebatan dalam isbat awal ramadlan bukan konsumsi publik. Perdebatan para ahli, kalau dikonsumsi masyarakat umum khawatir justru berpotensi memunculkan salah faham," kata Menag.

Dijelaskan Menag, Kementerian Agama nantinya akan menyiapkan petugas pengamatan hilal (rukyatul hilal) di beberapa titik pemantauan di Indonesia. Jika ada yang berhasil melihat hilal, maka sidang isbat akan memutuskan awal Ramadhan pada Senin, 6 Juni 2016. Sebaliknya, jika hilal tidak terlihat, maka bulan Syaban akan digenapkan menjadi 30 hari dan awal Ramadlan jatuh pada Selasa, 7 Juni 2016.

Menag Lukman berharap umat Muslim Indonesia dapat mengawali puasa Ramadhan secara bersama-sama. Proses sidang isbat juga diharapkan berjalan lancar dan tidak terjadi perdebatan berkepanjangan.